1. Tujuan
Belajar prigramming melalui kegiatan membuat daftar isi otomatis.
2. Alat Dan Bahan
· Microsoft Word
· Microsoft Word
3. Dasar Teori
Untuk membuat sebuah daftar isi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Blok teks yang akan dijadikan sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1.
- Klik pada tempat kososng dimana kamu ingin meletakkan daftar isinya.
- Tampilkan jendela Table of Contents. Caranya buka menu Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka menu Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan Word 2003)
- Langkah selanjutnya klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.
Untuk membuat sebuah daftar isi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Blok teks yang akan dijadikan sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1.
Cara paling mudah untuk membuat judul dengan style Heading 1 adalah sebagai berikut :Pada Word 2003 dan Word sebelumnya : Klik style box pada menu formatting kemudian pilih Heading 1.Pada Word 2007, 2010, dan 2013 : Klik Heading 1 pada grup style pada menu Home.Setelah kamu menentukan judul dan subjudul untuk dijadikan sebagai daftar isi, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi agar lurus dan rapih. Terdapat beberapa perbedaan cara membuat daftar isi pada Microsoft Word 2003 ke bawah dengan Microsoft Word 2007 ke atas.
- Tampilkan jendela Table of Contents. Caranya buka menu Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka menu Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan Word 2003)
- Langkah selanjutnya klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.
Sedangkan untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013 kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.
- Buka references > Table of Contents
- Pilih opsi pertama dan kedua yang berada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis.
- Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan kamu pilih opsi nomor 3. Opsi ini tidak saya sarankan karena akan memakan banyak waktu kamu dan pekerjaan akan terasa lebih lama.
- Selain dua pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih opso “Custom Table of Contents” dibawahnya untuk dapat membuat daftar isi sesuai dengan keinginan kamu.
4. Tugas Praktikum
Buatlah daftar isi otomatis untuk buku KP.
5. Petunjuk Praktikum
· Buka Reference > Table of Contents
· Pilih Opsi
· Tuliskan daftar isinya
· Buka Reference > Table of Contents
· Pilih Opsi
· Tuliskan daftar isinya
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan
Pada praktikum ini, saya ditugaskan untuk membuat daftar isi otomatis menggunakan Word. Hal pertama yang saya lakukan adalahmenentukan judul dan list judul yang akan dituliskan dalam daftar isi. Setelah data siap, saya langsung membuat daftar isi dengan menggunakan Table of Contens dan langsung menuliskan daftar isinya.
8. Referensi
Komentar
Posting Komentar