Langsung ke konten utama

Prak 10 - Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan Microsoft Word

1.     Tujuan
Belajar prigramming melalui kegiatan membuat daftar isi otomatis.

2.     Alat Dan Bahan
·     Microsoft Word

3.     Dasar Teori
     Untuk membuat sebuah daftar isi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Blok teks yang akan dijadikan sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1.
Cara paling mudah untuk membuat judul dengan style Heading 1 adalah sebagai berikut :Pada Word 2003 dan Word sebelumnya : Klik style box pada menu formatting kemudian pilih Heading 1.Pada Word 2007, 2010, dan 2013 : Klik Heading 1 pada grup style pada menu Home.Setelah kamu menentukan judul dan subjudul untuk dijadikan sebagai daftar isi, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi agar lurus dan rapih. Terdapat beberapa perbedaan cara membuat daftar isi pada Microsoft Word 2003 ke bawah dengan Microsoft Word 2007 ke atas.
- Klik pada tempat kososng dimana kamu ingin meletakkan daftar isinya.
- Tampilkan jendela Table of Contents. Caranya buka menu Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka menu Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan Word 2003)
- Langkah selanjutnya klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.

Sedangkan untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013 kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka references > Table of Contents
  2. Pilih opsi pertama dan kedua yang berada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis.
  3. Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan kamu pilih opsi nomor 3. Opsi ini tidak saya sarankan karena akan memakan banyak waktu kamu dan pekerjaan akan terasa lebih lama. 
  4. Selain dua pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih opso “Custom Table of Contents” dibawahnya untuk dapat membuat daftar isi sesuai dengan keinginan kamu.
4.     Tugas Praktikum
Buatlah daftar isi otomatis untuk buku KP.

5.     Petunjuk Praktikum
·   Buka Reference > Table of Contents
·  Pilih Opsi
·  Tuliskan daftar isinya
6.     Hasil Praktikum


7.     Kesimpulan
Pada praktikum ini, saya ditugaskan untuk membuat daftar isi otomatis menggunakan Word. Hal pertama yang saya lakukan adalahmenentukan judul dan list judul yang akan dituliskan dalam daftar isi. Setelah data siap, saya langsung membuat daftar isi dengan menggunakan Table of Contens dan langsung menuliskan daftar isinya.

8.     Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Animasi 3D Opening Netflix

1.      Tujuan Praktikum ini bertujuan untuk membuat animasi 3D opening Netflix 2.      Alat ·       PC 3.      Bahan -  Gambar Logo format png -  Software After Effect -  Software Adobe Illustrator 4.      Dasar teori Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. Pengertian Animasi Menurut  Ibiz Fernandes  dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut : “Animation is the process of recording and playing back a sequence of still s  to achieve the illusion of conti

Prak 05 - Menyelesaikan "Hour Of Code"

1. Tujuan Belajar Programming melalui kegiatan menyelesaikan "Hour of Code" 2. Alat Google Chrome 3. Bahan Hour of Code kegiatan "Silent Teacher" 4. Dasar Teori   Hour of code Indonesia adalah bagian dari gerakan global Hour of Code, yang di inisiasi oleh NGO Code.org untuk memberdayakan 200 juta anak di Dunia belajar pemrograman komputer atau coding. Dukung kami mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia belajar pemrograman komputer, untuk mengejar ketertinggalan kita dengan bangsa lain, demi menghadapi kompetisi global abad 21.       Sebuah permainan minimalis di mana pemula dapat menemukan apa itu semua kode dan konsep kunci di balik kode, tanpa penjelasan yang diberikan.  Melalui beberapa seri pertanyaan, pemain dituntun untuk menebak aturan bahasa ini dan belajar dari kesalahannya sendiri.       Game ini merupakan pengantar konsep pemrograman.  Setelah menyelesaikan Silent Teacher, pemain tidak harus dapat menulis kode, bahkan kode dasar, tetapi memili