Langsung ke konten utama

Prak 05 - Menyelesaikan "Hour Of Code"

1. Tujuan
Belajar Programming melalui kegiatan menyelesaikan "Hour of Code"

2. Alat
Google Chrome

3. Bahan
Hour of Code kegiatan "Silent Teacher"

4. Dasar Teori
 Hour of code Indonesia adalah bagian dari gerakan global Hour of Code, yang di inisiasi oleh NGO Code.org untuk memberdayakan 200 juta anak di Dunia belajar pemrograman komputer atau coding. Dukung kami mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia belajar pemrograman komputer, untuk mengejar ketertinggalan kita dengan bangsa lain, demi menghadapi kompetisi global abad 21.
     Sebuah permainan minimalis di mana pemula dapat menemukan apa itu semua kode dan konsep kunci di balik kode, tanpa penjelasan yang diberikan. Melalui beberapa seri pertanyaan, pemain dituntun untuk menebak aturan bahasa ini dan belajar dari kesalahannya sendiri.
     Game ini merupakan pengantar konsep pemrograman. Setelah menyelesaikan Silent Teacher, pemain tidak harus dapat menulis kode, bahkan kode dasar, tetapi memiliki tinjauan umum tentang kode apa dan telah menguasai beberapa konsep dasar tentangnya. Akhirnya bisa digunakan untuk mengatasi mental block yang sering dialami pemula ketika mencoba memahami pemrograman atau persamaan matematika.

5. Tugas Praktikum
Hatamkan minimal 1 kegiatan "Hour of Code".

6. Petunjuk Praktikum
  • Perlu diketahui bahwa setiap kegiatan"Hour of Code" di desain untuk bisa diselesaikan kurang lebih 1 jam.
  • Pilih minimal 1 kegiatan.
  • Selesaikan kegiatan tersebut di sesi praktikum ini.
  • Akhiri praktikum dengan menuliskan laporan 

7. Hasil Praktikum
Menjalankan kegiatan pada "Silent Teacher".

Sertifikat hasil kegiatan yang sudah dilakukan menandakan bahwa permainan sudah selesai.

8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, saya melakukan kegiatan pada Hour of Code dengan mengeklik link yang tersedia pada modul. Dalam website Hour of Code, saya memilih permainan "Silent Teacher" dimana pada game tersebut menggunakan konsep matematika yang dipadu padankan dengan bahasa pemrograman javascript. Pada saat permainan dimulai, saya mengisikan jawaban sesuai dengan instruksi yang diberikan. Dalam instruksi tersebut menggunakan fungsi-fungsi yang menggunakan bahasa javscript seperti if, else, var, return, dan lain-lain. Permainan tersebut juga menggunakan tingkatan dimana di setiap tingkatan bahasa pemrograman yang digunakan semakin beragam. Diakhir permainan "Hour of Code" memberikan sertifikat menandakan bahwa pemain sudah menyelesaikan misi dari Hour of Code.

9. Referensi
[1] Kitabisa.com. 2019. Hour of Code Indonesia di https://galangdana.kitabisa.com/partners/hourofcode (diakses 25 September).
[2] Hour of Code. 2019. Tentang Silent Teacher di http://silentteacher.toxicode.fr/about (diakses 25 September).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Animasi 3D Opening Netflix

1.      Tujuan Praktikum ini bertujuan untuk membuat animasi 3D opening Netflix 2.      Alat ·       PC 3.      Bahan -  Gambar Logo format png -  Software After Effect -  Software Adobe Illustrator 4.      Dasar teori Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. Pengertian Animasi Menurut  Ibiz Fernandes  dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut : “Animation is the process of recording and playing back a sequence of still s  to achieve the illusion of conti

Prak 10 - Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan Microsoft Word

1.       Tujuan Belajar prigramming melalui kegiatan membuat daftar isi otomatis. 2.       Alat Dan Bahan ·       Microsoft Word 3.       Dasar Teori        Untuk membuat sebuah daftar isi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Blok teks yang akan dijadikan sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1. Cara paling mudah untuk membuat judul dengan style Heading 1 adalah sebagai berikut : Pada Word 2003 dan Word sebelumnya : Klik style box pada menu formatting kemudian pilih Heading 1. Pada Word 2007, 2010, dan 2013 : Klik Heading 1 pada grup style pada menu Home. Setelah kamu menentukan judul dan subjudul untuk dijadikan sebagai daftar isi, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi agar lurus dan rapih. Terdapat beberapa perbedaan cara membuat daftar isi pada Microsoft Word 2003 ke bawah dengan Microsoft Word 2007 ke atas. - Klik pada tempat kososng dimana kamu ingin