Langsung ke konten utama

PRAKTIKUM 6 dan 7- Membuat Animasi Logo Komunitas


1. Tujuan 
      Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

2. Alat 
    - Adobe After Effect
    - Adobe Illustrator

3. Bahan 
    Logo Komunitas Review Game MMB

4. Dasar Teori 
    Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut, acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar.
Bumper dibagi menjadi 2 kategori, yaitu bumper in dan bumper out. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. Bumper terdiri dari 3 macam, antara lain :
  1. Bumper atau potongan dalam bagian dan berdurasi 5-10 detik, yang biasanya ditampilkan sebelum atau sesudah break show.
  2. Opening bumper atau bagian pembuka acara dan berdurasi 25-30 detik, bumper ini biasanya ditampilkan pada awal acara.
  3. Promotion bumper sesuai dengan namanya bumper ini dikemas dalam bentuk promosi acara dan ditayangkan pada jam dan acara yang telah di tentukan, dan berdurasi 10-15 detik.
5. Tugas Praktikum
     Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB

6. Petunjuk Praktikum
     -  Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
     -  Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
     -  Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
     -   Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
     -   Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 6 dan laporan prak 07.
     -   Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
     -    Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.

7. Hasil Praktikum
    Sreenshot Tracing di AI




    Hasil






8. Kesimpulan 
    Pada praktikum ini kami masih dalam proses mentracing sebuah logo komunitas review game menggunakan Adobe Illustrator supaya kita lebih mudah dalam proses penganimasikannya.

9. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Animasi 3D Opening Netflix

1.      Tujuan Praktikum ini bertujuan untuk membuat animasi 3D opening Netflix 2.      Alat ·       PC 3.      Bahan -  Gambar Logo format png -  Software After Effect -  Software Adobe Illustrator 4.      Dasar teori Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. Pengertian Animasi Menurut  Ibiz Fernandes  dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cart...

PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo

1. Tujuan     Mahasiswa dapat membuat animasi logo 3D 2. Alat dan Bahan    PC/Mac    Adobe After Effect    Cinema 4D    Logo PENS ( https://www2.pens.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/Tata-Logo-PENS.pdf ) 3. Dasar Teori Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu  animate  yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu se...