1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Apa yang dimaksud denna "Motion Guide pada Flash dan Camera Path pada Cinema 4" ??
Animasi motion guide merupakan animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek. Physical Sky dan Area Light
Apa Fungsi Physical Sky Pada Cinema 4D??
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat simpel hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mensetting waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu.
Apa Itu Material pada Cinema 4d ??
Material pada cinema 4D adalah sebuah teknik pemberian warna pada objek contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini kita akan memberikan warna pada logo atau objek yang kita buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan
1. Kesulitan pertama yang saya hadapi Adalah mengatur kamera yang teringkali tergeser secara tidak sengaja pada kursor. Saya berulang kali haras meng undo pergerakan.
2. saya mermas kesulitan untuk memulai atau memilih titik awal dari kamera.
3. saya juga mengalami kesulitan dalam mengatur posisi kamera
4. setelah di render saya baru tahu bahwa penempatan poseis kamera saya kurang tepat sehingga terlihat sedikit gepeng
Komentar
Posting Komentar