Langsung ke konten utama

Praktikum 04 : Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Apa yang dimaksud denna "Motion Guide pada Flash dan Camera Path pada Cinema 4" ??

Animasi motion guide merupakan animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek. Physical Sky dan Area Light

Apa Fungsi Physical Sky Pada Cinema 4D??


Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat simpel hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mensetting waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu.



Apa Itu Material pada Cinema 4d ??

            Material pada cinema 4D adalah sebuah teknik pemberian warna pada objek contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini kita akan memberikan warna pada logo atau objek yang kita buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Hasil Praktikum


7. Kesimpulan

1. Kesulitan pertama yang saya hadapi Adalah mengatur kamera yang teringkali tergeser secara tidak sengaja pada kursor. Saya berulang kali haras meng undo pergerakan. 
2. saya mermas kesulitan untuk memulai atau memilih titik awal dari kamera. 
3. saya juga mengalami kesulitan dalam mengatur posisi kamera
4. setelah di render saya baru tahu bahwa penempatan poseis kamera saya kurang tepat sehingga terlihat sedikit gepeng 

8. Referensi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Animasi 3D Opening Netflix

1.      Tujuan Praktikum ini bertujuan untuk membuat animasi 3D opening Netflix 2.      Alat ·       PC 3.      Bahan -  Gambar Logo format png -  Software After Effect -  Software Adobe Illustrator 4.      Dasar teori Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. Pengertian Animasi Menurut  Ibiz Fernandes  dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cart...

PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo

1. Tujuan     Mahasiswa dapat membuat animasi logo 3D 2. Alat dan Bahan    PC/Mac    Adobe After Effect    Cinema 4D    Logo PENS ( https://www2.pens.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/Tata-Logo-PENS.pdf ) 3. Dasar Teori Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu  animate  yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu se...